Rabu, 11 Juli 2012

Harus Memilih Satu Diantara Dua Pilihan

Bismillah, syukur alhamdulillah aku bisa menulis di blog ini lagi. Tapi dari judulnya aja nih di atas, rasanya aku menulis ini dengan rasa galau. :D :D :(

Agak berat memang materi tulisan yang kuangkat di blog ini. Tapi ya mau gimana lagi, aku hanya ingin menulis apa yang kiranya ingin aku tulis, hloh.

Aku adalah orang yang termasuk ke dalam golongan orang BERUNTUNG. Di lain pihak, ada orang lain yang mungkin masih bingung mau kuliah di mana karena belum diterima, sedangkan aku sudah diterima di 2 sekolah yang menurutku favorit ini. STIS dan UGM - Teknologi Informasi. Yah, 2 Perguruan Tinggi yang sangat diidam-idamkan oleh banyak siswa di seluruh penjuru Indonesia. Kalau boleh kalian tau wahai para pembaca, aku tuh pengen kuliah di dua PT itu. Tapi ya berhubung aku ga' bisa menguasai jurus Kagebunsin nya Naruto wkwkwk, yah dengan terpaksa eh dengan ikhlas aja dink, aku harus memilih salah satu. :D

Aku harus benar-benar berpikir secara dingin dan matang-matang untuk mengambil keputusan ini. Jangan sampai ada kata menyesal di hari kemudian. Kalau boleh dianalogikan, memilih Perguruan tinggi itu seperti Memilih istri, sangat menentukan buat masa depan di dunia dan akhirat. Aku gak boleh gegabah, karena ini soal "Mau Dibawa Kemana Masa Depanku". kayak judul lagu tuh. hahaha.

Untuk memilih sekolah, aku harus shalat istikharah untuk meminta petunjuk Allah kemanakah sebaiknya aku melangkah. Selain itu, aku juga sempat berunding dengan orang tua dan kakak laki-lakiku untuk mendapatkan saran dan tentunya restu dari orang tua. Intinya aku harus dapat restu itu, tanpanya aku takut kalau aku jadi anak yang membangkang orang tua. Selain itu juga, aku minta saran dari teman-teman baikku. Tak lupa pula, aku bertanya pada diriku sendiri mana sih yang lebih cocok buatku untuk kedepannya. :)

Di sini, aku akan coba share apa sih kelebihan dan kekurangan jika diriku di STIS atau UGM:

1. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) 
KELEBIHAN :    
Kuliah gratis, dapat uang saku selama pendidikan, setelah lulus pasti bekerja di BPS dan menjadi PNS, hidup lebih teratur, lingkungan sekolah insya Allah lebih kondusif, memilliki teman” yg insya Allah berakhlak baik & hebat, bisa benar” lebih belajar mandiri, aku memang suka hitung-menghitung, aku juga suka Matematika dan bahasa Inggris. Orang tuaku juga lebih merestuiku untuk sekolah di STIS.
 
KEKURANGAN :
Sekolahnya jauh dari tempat tinggal (Jakarta), aku belum terlalu terlatih kemandiriannya karena aku anak bungsu, Sekolahnya banyak aturan, kalau nilai jelek bisa kena DO, ada ganti rugi yang besar kalau tidak menyelesaikan pendidikan ataupun tidak bekerja di BPS karena sudah terikat perjanjian, kalau bekerja gajinya tidak seberapa, harus mau ditempatkan di Luar jawa.

2. Teknologi Informasi UGM
 
KELEBIHAN :
Kuliahnya dekat, merupakan ptn favorit, aku memang minat di bidang IPTEK dan ingin mengembangkan kemampuanku di bidang itu, bisa jadi pengusaha dan membuka lapangan pekerjaan, bisa jadi milyarder, bisa hanya bekerja di rumah saja, banyak sekali peluang untuk bekerja, tidak banyak aturan dalam perkuliahan(lebih bebas daripada STIS).

KEKURANGAN :
Registrasi awal mahal (sekitar 22 juta), kuliah pun masih bayar, kasihan dengan orang tua yang harus mengeluarkan biaya banyak, jadwal kuliah lebih padat daripada STIS, lingkungan kuliah kurang kondusif(karena aturan lebih bebas), kalau lulus belum tentu dapat kerjaan, harus bisa menjadi yang “istimewa” jika ingin dapat hidup layak dan mengalahkan pesaing lainnya selama mencari pekerjaan atau berwirausaha, aku menyadari bahwa aku kurang kreatif dan inovatif sehingga takut kalau aku kalah bersaing dengan mahasiswa lain, jurusan yang saya pilih banyak sekali lulusannya sehingga persaingan di dalam dunia kerja sangat ketat.

Dari segala kekurangan dan kelebihan yang aku paparkan di atas, lalu berdasarkan pertimbangan dan restu ortu, dan aku juga sudah mendapatkan petunjuk dari-Nya, akhirnya aku sudah mantap memilih mau di bawa kemana masa depan saya. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), itulah yang aku pilih.
Semoga pilihanku ini memang dan harus pilihan yang terbaik. :)

 

1 komentar: