Selasa, 24 Juli 2012

Alhamdulillah, Aku Diterima di STIS Part 4 - Tes Wawancara

WAWANCARA
Setelah psikotes selama kurang lebih 3 jam, keluar ruang Auditorium terpampanglah jadwal wawancara yang berlokasi di BPS Provinsi Yogyakarta. Pembagian berdasarkan sekolah peserta tes. Jadinya, aku ya bareng sama temen-temen SMA N 1 Klaten tanggal 4 juni 2012. Masih ada waktu 2 hari untuk memantapkan diri menghadapi wawancara. Demi kelancaran, aku rela mengorbankan lez SNMPTN ku untuk ku tinggalkan sejenak. Belajar kan juga perlu totalitas. Hehe. 

2 Hari sudah berlalu. Siap gak siap, aku harus menghadapinya dengan senyuman.haha. Tanggal 4 Juni 2012, Aku kembali naik mobil bareng kawan sekelasku, tapi tanpa Ika karena dia jadwalnya agak siang, sedangkan kami jadwalnya jam 8 harus udah sampe BPS. Setelah sampai di sana, kami disuruh mengumpulkan berkas seperti KTPUM, identitas diri(KTP/SIM), SKHU sementara, nilai rapor kelas XII semester 1. Setelah itu, aku disuruh mengisi lembaran yang berisi beberapa pertanyaan lupa aku apa aja. Setelah itu, naik dah ke lantai 2 gedung BPS untuk menunggu jadwal wawancaranya.

Setelah jam menunjukkan pukul 09.00 WIB, aku disuruh dah masuk ruangan sama 2 orang penguji. Jantungku pun mulai berdetak lebih kencang. Aku dipersilahkan duduk. Aku pun berkenalan dengan pengujinya, yang pria namanya pak agus, yang wanita aku lupa namanya siapa. :-D. Kayaknya aku agak apes nih dapat penguji yang udah senior(tua) dan tampangnya serius semua. haduhduuh. --". Tapi gak papa lah, mencoba rileks aja menghadapinya. Kalau badan dan pikiran rileks insya Allah menjawab pun bisa lancar dan meyakinkan. Yeaaahhh.

Singkat cerita, aku ditanya tentang beberapa hal oleh penguji. Kurang lebih garis besar pertanyaannya seperti di bawah ini :
1. Apa motivasi anda ingin kuliah di STIS?
2. Dari mana anda tahu info tentang STIS?
3. Apa yang anda ketahui tentang STIS?
4. Apakah anda bersedia untuk menerima segala konsekuensi dari peraturan yang ada di STIS?
5. Apakah anda bersedia ditempatkan di luar Jawa? berikan alasan!
6. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang Pancasila?
7. Berikan contoh pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari!
8. Berikan contoh penerapan perundang-undangan yang anda ketahui!
9. Bagaimana anda menyikapi perbedaan dalam agama, pola pikir, dan suku bangsa?
10. Apakah organisasi yang pernah anda ikuti? dan apa pengalaman anda di organisasi tersebut?
Dan masih ada beberapa pertanyaan lagi lah yang diajukan tapi aku agak lupa. haha.

Setelah hampir 1 jam aku diwawancarai, akhirnya aku diijinkan untuk meninggalkan ruangan dan boleh pulang deh ke rumah. Tinggal menunggu pengumuman sajalah. Berharap sebuah keajaiban dan keberuntungan mendatangiku. Dan Alhamdulillah, ternyata keberuntungan masih menyertaiku. Tanggal 15 Juni 2012, pagi-pagi aku buka pengumuman di website STIS, dan ternyata nomor pesertaku tercantum sebagai peserta yang lolos ke tahap selanjutnya. Yess!! Tinggal Tes Kesehatan, semoga Engkau memberikan keberuntungan lagi Ya Allah! :)
Walaupun aku juga harus bersedih karena ada beberapa temanku yang gak lolos, termasuk Mahestu dan Noor. :(. Tapi ya disyukuri aja lah, semoga ini memang yang terbaik yang Allah beri. Alhamdulillah masih ada 10 orang dari SMA N 1 Klaten yang masih bertahan.

----*Lanjut ke part 5*----

2 komentar:

  1. Jawaban kakak untuk pertanyaan kelima itu apa yg ditempatkan diluar jawa

    BalasHapus
  2. Kak kriteria TB/BB masuk stis ada gk?

    BalasHapus