Selasa, 24 Juli 2012

Alhamdulillah, Aku Diterima di STIS Part 5 - Tes Kesehatan

Alhamdulillah, aku sangat beruntung bisa masuk dalam 426 orang yang lolos tes psikotes dan wawancara dari 2046 orang. Jadi, tinggal selangkah lagi menuju kampus tercinta nihh. Kata kakak kelasku, kalau sudah sampai tahap tes kesehatan, asalkan kamu sehat insya Allah lolos. Karena konon katanya, tes kesehatan ini hanya sebuah formalitas belaka. Asalkan gak pernah makai narkoba atau mabuk-mabukan miras, atau tidak mengidap penyakit berbahaya insya Allah tahap ini akan lolos. Lagipula, kata kakak kelasku lagi tahun lalu yang diterima itu 500 mahasiswa. Nah ini yang ikut tes tinggal 426, nah yang 74 kemana nih?? yaa, aku harap semoga ini jadi berkah buat diriku dan teman-teman seperjuanganku. Aamiin. Tapi ya jangan terlalu PD dulu lah. Aku harus jalani tes ini sesuai prosedur, jangan menyepelekan.

Oke singkat cerita nih ye, aku dan temanku Mursyid berangkat ke RS.AU Dr.Suhardi Hardjolukito, Dinas Kesehatan TNI Angkatan Udara, Jl.Janti, Blok O, Yogyakarta tanggal 19 Juni 2012. Sampai di sana jam 7 pas. Pertama-tama, aku dan Mursyid bingung dimana sih tempat tesnya. Setelah dikasih tau sama seseorang, ternyata tempat tesnya di lantai 2 RS itu. Setelah sampai di sana, kami seperti biasa absen dahulu lalu duduk di kursi yang telah tersedia untuk menunggu  antrian.

Langsung aja deh saya paparkan di sini apa saja sih tes kesehatannya.. Cek ki Dot!!

1. Tes Pemeriksaan Fisik
Tes ini bukan seperti tes lari, push up, sit up, dll lho Sob! Kalau bagian tes ini sih pengalamanku hanya diperiksa aja fisiknya kayak gimana. Pemeriksaan mulai dari tinggi badan, berat badan, tensi, tes buta warna, terus nanti dibawa masuk ke dalam ruangan khusus, lalu disana diperiksa lagi bagian mata, telinga, hidung, gigi. Truz nih nanti petugasnya juga megang-megang leher, perut, hati, ginjal, lambung, terus ke bawah deh(Sensored) :-D. Yang jelas rileks aja, jangan tegang, kasian yang meriksa nanti kalo gugup. wkwkwk.

2. Tes Urin
Dilihat dari judulnya aja udah ketahuan, ini ni tes soal kencing kita. Ya kami peserta tes disuruh ke toilet ngumpulin air seni kita di dalam tabung kecil gitu lah. Setelah terisi cukup penuh trus dikasih ke petugasnya deh. Cuma gitu doank kok menurut pengalamanku. 

3. Tes Darah
Nah kalau tes darah ini ada 2 bagian. Bagian pertama itu pengambilan darah sebelum makan. Aku sebelum ke RS memang disuruh puasa dahulu minimal 10 jam sebelum mulai pemeriksaan. Pada bagian pertama ini darah diambil lewat tangan bagian siku tapi yang sisi sebaliknya. Bisa tangan kiri atau tangan kanan. Ngambil darah sekali saja lalu dimasukkan ke dalam tabung kecil. Setelah itu, kami(aku dan Mursyid) disuruh makan besar, lalu 2 jam setelah itu balik lagi dah ke tempat tes darah itu untuk diambil darahnya lewat ujung jari. Ini untuk tes kandungan gula darah. Kalau kadarnya kurang dari 300 berarti aman. Selesai dah untuk tes darahnya.

4. Tes Rontgen
Ini adalah bagian tes yang paling ngeri menurutku. Soalnya dalam tes ini kan tubuh kita dibiarkan terpancar sinar Radiasi(sinar X). Kalau gak karena ikut Tes Kesehatan STIS sih aku ogah ah ikut tes Rontgen. Ya pokoknya tes ini kita disuruh bertelanjang dada, lalu di rontgen dah dada kita supaya petugas tahu bagus atau enggak paru-paru kita. Asal gak ngrokok, insya Allah paru-parunya bersih dan bagus kok.

Itulah serangkaian tes kesehatan yang kujalani bersama peserta tes lainnya. Setelah semua itu selesai, tinggal pulang, dan tak lupa juga bertawakkal kepada Allah semoga diberi hasil yang terbaik(lolos). Ternyata Do'aku terkabulkan lagi. Akhirnya tanggal 29 Juni 2012 aku dinyatakan lolos dan diterima sebagai Calon Mahasiswa Baru STIS angkatan 54. Tapi sayangnya, temanku Mursyid harus mengulang tes tensi karena tensinya 140/80. Tinggi amat kan itu. Tapi akhirnya pada tanggal 9 Juli 2012 dia diumumkan lolos juga sebagai maba STIS. Alhamdulillah ada 10 orang yang diterima dari SMA N 1 Klaten. Tapi yang diangkati cuma 8 orang, yang 2 lebih milih PTN nya.

Inilah kisah perjuanganku selama mengikuti tahap demi tahap Tes Masuk STIS. Semoga bermanfaat. :) . 

-THE END-

15 komentar:

  1. asslmk.....sy siswa kelas 12, dr SMA negeri di Kota Bekasi. Sy ingin sekali masuk STIS. Insya Allah sy lulus di tes psikotes dan tes tulis. Tp masalahnya sy sedikit ragu di tes kesehatan. Sy yg overweight apakah bisa lulus di tes kesehatan? mhn penjelasan dr kk...tks...waslmk..Height/Weight : 178/98

    BalasHapus
  2. kalau mata rabun jauh gimana? masih ingin tau lebih detail soal tes fisiknya....
    ohyah, saya juga overweight nih,, 149/75

    BalasHapus
  3. Artikelnya bagus sekali, dengan berbagi pengalaman kita juga bisa berbagi ilmu, terutama tentang STIS ini, jadi kita yang baca juga akan lebih prepare dalam hal segalanya terutama untuk kesehatan diri kita jika masuk STIS.. Trimakasih banyak :)

    BalasHapus
  4. Kakk kalau yang pakai behel gigi ngaruh gak sih? Soalnya aku pakai behel trs td di artikel kan ada tes gigi jugaa. Mohon jawab ya kakkk

    BalasHapus
  5. Lah stis itu ada tes kperawanan nya juga ya?

    BalasHapus
  6. kakk.. kalo ada mata silinder gimana masih mungkin nggak di terimanya?

    BalasHapus
  7. kak tanya dong, aku tanggal 19-22 Juli juga tes stis tahap 3 (TKD sama Kesehatan) di Jogja, mata aku minus, aku juga punya silinder, itu gimana ya? berpengaruh atau enggak?

    BalasHapus
  8. kak kalo gigi berlubang bisa lulus tes kesehatan gak ???

    BalasHapus
  9. Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang cara keterima test kesehatan pekerjaan berikut artikel yang terkait tersebut di CARA LOLOS TES KESEHATAN KERJA DI PERUSAHAAN BESAR

    NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya ini bukan spam saya ketik sendiri komentarnya, kita saling membantu saja...kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin

    BalasHapus
  10. tes tkd nya dilakukan saat sebelum kuliah atau di pertengahan kuliah ?

    BalasHapus
  11. Permisi mau tanya kak, tinggi badan dan berat badan minimal berapa ya?

    BalasHapus
  12. kata teman saya kok ada tes lari dan sebagainya itu benar apa salah

    BalasHapus
  13. Semua saya sehat kecuali ada satu yaitu Gigi saya lubang Kronis satu. Gimana yaa

    BalasHapus
  14. Kak mau nanya tes kesehatannya ada tes keperawanan dan tes lubang dubur juga ya kak??

    BalasHapus