Jumat, 20 Juli 2012

Alhamdulillah, Aku Diterima di STIS Part 3 - Psikotes

PENDAHULUAN
Kalo menurutku nih, Tahap 2 ini merupakan tahap yang paling horor dan penuh misteri. Loe tau kenapa?? karena aku bener-bener kagak tau seperti apa soal-soal psikotes yang dikeluarkan di tes itu karena emang soalnya dirahasiakan dan gak boleh dibawa pulang. Aku cari di internet pun juga gak bakalan ada. Wawancara pun juga begitu, aku bener-bener kurang tau pertanyaan apa yang akan dikeluarkan dan harus jawab apa supaya bisa lolos. Untungnya ada kakak kelas yang ngasih sedikit bocoran, tapi cuma garis besarnya doank. Jalani dulu lah, take it easy okay! haha. Demi STIS, akan aku lakukan apapun hal yang aku bisa. #Semangat45.

PSIKOTES
Ujian tahap 2 pertama, yaitu psikotes dilaksanakan pada tanggal 2 Juni 2012 berlokasi di Auditorium Abdul Kahar Muzakir, UII, Yogyakarta. Aku berangkat naik mobil temanku, Mahestu bersama dengan Arifah Ika dan Noor. Lagi-lagi, kami harus dikejar waktu karena tes dimulai pukul 07.30 WIB. Alhamdulillah kami tiba di sana sekitar jam 7. Masih ada waktu buat refreshkan pikiran. Hehe.

Langsung saja ke psikotesnya ya Sob. Kalau untuk Psikotes seinget saya nih ya, disini terdiri dari beberapa Subtes. Subtes 1, adalah subtes dimana kita harus memilih sepotong gambar yang hilang dari sebuah gambar sehingga gambar itu kembali utuh lagi(Ribet amat penjelasannya), ada delapan pilihan untuk menjawabnya dan jumlah soal seinget saya ada 30 soal. Lalu lanjut ke Subtes 2, disini kita akan dihadapkan pada soal aritmatika atau hitung-menghitung. Modelnya sama kayak soal aritmatika pada TPA. Jumlahnya ada 25 soal. Subtes 3 itu tentang logika dan penalaran, kayak pelajaran b.indonesia gitu deh. Ada premis-premisnya trus kita disuruh menyimpulkan. Jumlah soal aku lupa, kalo gak salah 20 soal.  Subtes 4 adalah tentang ketelitian. Di subtes ini, tiap nomor ada 2 gambar atau tulisan yang hampir-hampir mirip. Truz kita disuruh menjawab apakah kedua tulisan/gambar itu sama atau tidak. Jadi pilihan jawabannya hanya ada 2. Jumlah soal 40. Jadi harus bener-bener cepet mengerjakannya karena waktunya limit. Subtes 5 aku kurang tau namanya apa. Yang jelas ada 250 soal, tiap nomor ada 2 pernyataan dan kita harus memilih salah satu dan tidak boleh dikosongi. Menurutku tes ini untuk mengetahui kepribadian kita dengan jawaban yang kita pilih itu. Pada tes ini gak ada jawaban yang benar atau salah. Pokoknya dijawab sesuai dengan hati nurani aja lah mana yang paling cocok.  

Lalu di subtes selanjutnya ada wartegg tes. Wartegg tes ini bisa dibilang tes meneruskan gambar. Jadi di tes ini kita diberikan 8 kotak yang di dalamnya hanya berisi titik, garis, kotak, dll. Kita harus menyelesaikan gambar yang ada di dalam 8 kotak itu sehingga menjadi gambar yang utuh serta ada di dalam kehidupan nyata gitu deh. Truz, subtes yang terakhir adalah Drawing a man. Dilihat dari judulnya aja udah ketahuan, kita harus menggambar orang. Menggambar orangnya disini bukan hanya bagian kepala aja lho, tapi seluruh bagian tubuh harus digambar sedetail-detailnya. Terserah mau gambar orangnya kayak gimana, tapi sebaiknya harus disesuaikan dengan jenis kelamin orang yang menggambar dan orang itu harus melakukan kegiatan apa gitu, dan alangkah lebih baiknya kalau berhubungan dengan STIS. 

Setauku, psikotesnya ya seperti itulah. Mohon maaf kalau ada kekurangannya atau urutan subtesnya agak kocar-kacir. Soalnya waktu aku nulis ini juga agak lupa dulu aku ikut tesnya gimana. Hehehe.

----*Lanjut ke part 4*----

Tidak ada komentar:

Posting Komentar