Rabu, 18 Juli 2012

Alhamdulillah, Aku Diterima di STIS Part 2 - Tes Akademik

Lanjut nih di part yang kedua. hahaha. Emmm. Sampai mana ya kemarin. Ow ya, sampe persiapan menuju tes tahap 1.

H-1, aku membuat janji dengan teman saya, Tri Setyo Nugroho agar besok kita bisa berangkat bareng-bareng ke UMY, tempat ujian tahap 1 STIS. Pas hari ini, aku bener-bener udah gak pegang buku pelajaran, itung-itung buat refreshing lah. Daripada belajar sungguh-sungguh, besok malah otaknya udah overload, bahaya kan.  Malah bisa buntet di tengah jalan tuh otak.

12 Mei  2012, hari yang aku tunggu-tunggu nih sob. Habis Subuhan, aku langsung menuju ke rumahnya mas Tri di Karanganom, Klaten. Pukul 05.45, aku sampai di rumahnya. Bersama Anggit Ekawati juga, kami langsung tancap gas menuju ke kampus UMY yang jaraknya cukup jauh juga. +- 45 menit perjalanannya. -,-. Ketika di jalan, aku lihat banyak juga yang naik motor sambil bawa Tas, trus sepatunan searah denganku. Batinku, wah ini nih saingan gue(sok tau :D).

Yaph, pukul 7 kurang dikiiit, akhirnya sampai juga nih di kampus UMY. Tapi pemandangan di sini menakjubkan sekali. banyak sekali motor yang diparkirkan dan lebih banyak lagi nih para manusia. ini sebenere mau tes atau pada nonton pameran ya kok sama ramenya. wkwkwk

Setelah memarkirkan motor, aku dan temanku masuk dah ke Gedung Sportorium UMY. Satu masalah yang aku hadapi, aku belum tahu dimana tempat dudukku. Jadi ya harus nyari-nyari bentar deh. Dan akhirnya jreng jreeengggg. ketemu juga deh. :D . Tapi ya itu, cuma kursi aja tanpa meja. Di atas kursi itu udah disediakan beberapa amplop(kirain isinya uang, ternyata cuma promosi jurusan) dan gelas air mineral tanpa snack. wah wahh. 

Pukul 07.30 tepat, seluruh peserta tes mulai mengerjakan soal. Untuk nilai jawaban tiap soal, nilai 4 untuk jawaban yang benar, 0 untuk yang tidak ada jawaban, dan -1 untuk yang salah menjawab. Soal pertama yang kuhadapi adalah Matematika, berjumlah 60 soal dikerjakan dalam waktu 90 menit. Mantap dah pokoknya. Untuk tingkat kesulitan soal, ada yang seperti TPA, ada yang setingkat dengan UN, dan ada pula yang tingkatnya sesulit SNMPTN. Pokoknya kalau mau mengerjakan soal harus pandai-pandai memilih soal yang mudah dulu, setelah selesai baru mengerjakan soal yang lebih sulit. Jangan kebalik lho Sob, mentang-mentang pinter ngerjain yang susah dulu, bisa keriting otak lu. :D . Memang menurut kemampuanku gak mungkin bisa selesai tuh semua soal, tapi ya aku kerjakan semampuku. 90 menit berlalu, ternyata aku hanya bisa mengerjakan 21 soal. Karena ada nilai minus jadi ya aku gak berani ngawur kebanyakan. hahaha.

Lanjut nih, setelah soal matematika, giliran soal bahasa inggris yang dibuka. Jumlah soal sama, 60 soal. Tapi dikerjakan dalam waktu 60 menit. Waw. Untung aja Soalnya kebanyakan grammar dan vocabulary, jadi ngerjainnya lebih cepet. Kalau yang sesi bahasa inggris ini, aku berani menjawab semua soal walau ada yang spekulasi, tapi gak sekedar asal ngawur lho sob. Dan ternyata strategi ini cukup jitu. :D. Ow ya, untuk yang bahasa inggris ini dibagi lagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama Structure(1-40) atau bisa dibilang soal grammar, lalu sesi kedua adalah Vocabulary(41-50), dan sesi ketiga Reading Comprehension(51-60).

Soal bahasa inggris sudah selesai dikerjakan, kini tinggal hadapi bagian terakhir, soal pengetahuan umum. Soalnya berjumlah 60 dan dikerjakan dalam waktu 45 menit. Soal yang dikeluarkan dalam pengetahuan umum ini kebanyakan adalah soal PKN, disusul dengan soal TIK, lalu sedikit menyinggung materi ekonomi yang didapat pada klaz X kalo gak salah. Soal-soal ini pun aku jawab semua, Sob. Dan banyak juga yang aku awur atau asal-asalan jawabnya(jangan ditiru).

195 menit sudah aku lalui. Yah, tinggal pasrah aja deh, tawakal kepada Allah, semoga aku termasuk orang-orang yang beruntung lolos ke tahap 2. Eh, ternyata do'a ku memang dikabulkan. Pada hari Jum'at, tanggal 25 Mei 2012 aku melihat pengumuman di website www.stis.ac.id. Setelah mendownload file PDF nya, pengumuman ini hanya memuat kumpulan no. peserta atau no. KTPUM saja. Alhamdulillah, nomor 341856 tercantum di sana. Aku benar-benar bersyukur karena menurutku ini benar-benar sebuah keberuntungan bagiku bisa masuk ke 2046 besar untuk bersaing lagi di Tes STIS tahap 2, yaitu Psikotes dan Wawancara. TETAP SEMANGAT!!!

----*Lanjut ke part 3*----

Tidak ada komentar:

Posting Komentar